Contoh Hewan Ovovivipar

Pada perkembang biakan hewan terdapat 3 perkembangbiakan denagn cara vivipar atau melahirkan, ovipar atau melahirkan, serta ovovivipar atau bertelur dan melahirkan. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan contoh hewan ovvivipar, berikut contohnya.


Contoh hewan ovovivipar

1. Ikan pari

Ikan pari merupakan jenis ikan laut yang berkembang biak denagan cara ovovivipar. Awalmulaya ikan pari jantan dan betina akan melakukan pembuahan. Yang nantinya akan membuahkan telur. Dan nantinya telur-terlur tesebut tidak langsung dikeluarkan namun dibiarkan saja hingga telur-telur tersebut menetas dengan sendirinya. Namun telur tersebut akan disimpan didalam ptubuh ikan pari betina sampai embrionya dapat berkembang dan tumbuh samopai titik optimal.

2. Ikan hiu

Hiu merupakan predator yang sangat ganas dan sangat ditakuti sebagian besar ikan pada ekosistem laut. Hal ini dikarenakan hiu mendapatkan mangsa ikan-ikan yang yang meiliki ukuran tubub lebih kecil dari yang lainya dan banyak mengandung nutris. Hiu akan mengalami perkembangan yang sama dengan ikan pari.

3. Bunglon
Secara umum bunglon adalah hewan yang berkembang biak dengan cara ovipar. Karena banyak sekali jenis dan spesiesnya. Jangan heran apa bila ada sebagian bunglon yang berkembang biak dengan cara ovovivipar. Hal ini dapat terjadi karena diadakannya seleksi alam di beberapa wilayah. Sedangkan awal reproduksinya akan menghasilkan embrio yang tersimpan di dalam tubuhnya.

4. Platypus 

Selanjutnya yang termasuk hewan ovovivipar yaitu platypus. Platypus yaitu hewan yang berevolusi dari aves ke dalam mamalia. Walaupun mereka masuk kedalam mamalia namun mereka juga berkembang biak dengan cara bertelur juga. Siklus reproduksi pada hewan ini sama dengam hewan ovovivipar sebelumnya.

5. Kadal

Secara umum, kadal ini bereproduksi dengan cara bertelur namun banyk sekali jenisnya jadi ada beberapa jenis kadal yang berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan atau biasa dsebut dengaan ovovivipar.

6. Kuda laut

Apabila kuda lau dibandingkan dengan hewan lainya. Kuda laut ini ternasuk jenis hewan yang unik dan sangat berbeda denganyag lainya. Secara umun mengandung adalah betina sedangkan pada kuda laut ini yang mengandung adalah jantan. Jadi hal ini menjadi cirri khas dari perkembangan kuda laut.

0 Response to "Contoh Hewan Ovovivipar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel