Manfaat Buah Bit

Bauh bit yaitu tanaman yang asalnya dari keluaraga Amaranthaceae-Chenopodiaceae. Yang memiliki arti buah bit masih satu keluarga dengan jenis sayuan berakar dan sayuran lobak. Secara umum buat bit hanya akarnya saja yang digunakan karena akar buah bit mempunyai rasa yang manis untuk obat kesehatan. 

Pertama kali buah bit dikonsumsi yaitu oleh warga Afrika pada beberapa ribu yahun lalu. Akarnya yang begitu popular kemudian menyebar kewilayah eropa dan asia. Kemudian mereka membudidaykannyadan juga mengkonsumsinya didaerah masing-masing.


Sejak abad ke 16 sampai abad ke 19, buah ini digunakan untuk mendapatkan beberapa manfaat, sementara gula yang terkandung pada buah bit dimanfaatkan sebagai pemanis campuran pada minuman dan makanan. Kandungan manfaat gisi yang terdapat pada buah bit Buah bit adalah tanaman yang sejenis dengan ubi yang berwarna ungu kemerahan. 

Bentuk buah bit hampir sama dengan kentang dan manfaat buah bit terletak pada tangkai dan juga akarnya. Buah bit biasanya dikonsumsi dengan cara dibuat jus atau diolah menjadi makanan yang bertekstur lembut.

Walaupun daunya dapat dimasak dan dijadikan sayur. Buah bit lebih dikenal umbinya karema memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah bit kaya akan karbohidrat tetapi kandungan protein, kalori, lemak yang sangat rendah. Jadi sangat baik untuk dikonsumsi bagi yang sedang melaksanakn program diet.

Beberapa Zat Yang Terkandung Di Dalam Buah Bit
  • Betasianin
  • Triptofan
  • Caumarin
  • Serat
  • Asam folat
  • Vitamin C
  • Kaliumen
  • Fosfor
  • Magnesium
  • Zat besi
Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

1. Mengandung banyak antioksidani didalamnya

Antioksidan merupakan senyawa yang bisa membantu menetralkan masuknya radikal bebas yang berpahaya pada tubuh. Antioksidan juga dapat mencegah rusaknya sel-sel yang baik dalam tubuh dan juga mencegah terjadinya stress oksidatif. Selain itu ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa antioksidan mampu melindungi tubuh terhadap banyak jenis penyakit jantung, diabetes dan juga kanker.

2. Detoks alami untuk tubuh ( hati dan ginjal)

Sebenarnya tubuh bisa mengeluarkan racun (detoks) dengan sendirinya, hal ininjuga terjadi secara alamiah mencegah anda keracunan. Ada organ detoks ginjal yang mempunyai fungsi untuk menghasilkan air seni juga menyaring darah. Kemudian ada paru-paru yang mempunyai fungsi mengeluarkan karbondioksida dari oksigen yang sudah dihirup.

3. Dapat mencegah hipertensi

Beberapa penelitian telah dilakukan dengan tujuan menilai seberapa efektif buah ini dalam menurunkan tekanan darah. Hasil yang cukup mengejutkan, buah ini dapat menurunkan darah dalam waktu sekejap, hanya saja butuh penelitian lebih dalam mengenai hal ini, dari sini buah bit dinobatkan menjadi salah satu bahan makanan penurun tekanan darah terbaik.

4. Meningkatkan stamina, makanan idaman para atlet

Ada seorang penelitian yang mengatakan bahwa minum jus buah bit mampu membantu orang yang berolahraga. Biasanya untuk para atlet, menjadi 16 persen lebih berstamina dan lebih kuat karena kandungan nitratnya pada buah bit mampu mengurangi pembakaran oksigen dalam berolahraga.

5. Mencegah anemia

Buah yang mempunyai warna kemerahan sering dikatakan sama dengan warna darah, sehingga dapat dipakai untuk mengatasi anemia. Ternyata yang mengatasi anemia yaitu kandungan zat besi yang tinggi. Yang dapat meregenerasi sel darah merah dan mengaktifkannya kembali.

2 Responses to "Manfaat Buah Bit "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel