Cara Mempercepat Pertumbuhan Bayi Prematur

Bayi premature adalah bayi yang terlahir kurang dari usia kehamilan yaitu 37 minggu. Selain karena pertumbuhan organ tuvuhnya yang belum sempurna, berat badan juga masih sangat kecil. Oleh karena itu bayi premature lebih perlakuan dan perawatan khusus supaya berat badan bayi cepat bertambah.


Cara mempercepat pertumbuhan bayi premature


1. Nutrisi harus tercukupi

Berikanlah ASI 3 jam sekali agar berat badanya cepat bertambah. Bayi prematur boleh dibawa pulang dari rumah sakit yang memiliki berat 1800 garam. Dan juga kenaikan berat bayi premature minimal 15 gram setiap harinya. Apabila bayi pulang dengan berat 2 kg maka diharapkan berat badan bayi betambah 30 gram setiap hari. Apabila bayi merasa lelah setelah menyusu kemudian dilanjutkan dengan memberikan ASI dengan memberikan ASI perah. Kecukupan nutrisi dan cairan bayi BAK 6 setiap harinya.

2. Tidak kedinginan

Suhu bayi prematur harus berkisar 36,5º - 37,5ºC dan juga suhu ruangan harus selalu dijaga jngan sampai kedinginan 27º - 28ºC. Apabila bayi ngompol segeralah gantikan popoknya. Apabila bayi merasa kedinginan segeralah bedong atau bungkus bayi dan jangan terlalu ketat dan juga jngan terlalu lama karena akan mempengaruhi perkembangan motorik kasar.

3. kontrol dengan rutin

periksakanlah pertumbuhan bayi meliputi lingkar kepala dan BB/BT tiap 2 minggu ataupun dengan aturan yang dianjurkan oleh dokter .

4. memeluknya denagn gendongan

bertanyalah kepada perawat dokter apakah menggendong aman atau tidak jika menggendong bayi supaya selalu dekat dengan ibu dengan gendongan. Gerak dan kehangatan bisa menenangkan bayi, namun sang ibu harus memastikan bahwa bayi mempunyai kekuatan pada otot untuk menjaga saluran udaranya dalam posisi terbuka

5. berkomunikasi mengunakan mata

bayi tentunya pasti akan mempunyai rasa nyaman ketika dilakukan kontak mata ketika bayi sedang terjaga dan tenang.

6. Bersabar tetapi tetap segap

Pahamilah tumbuh kembang yang dilewati pada bayi untuk persiapan yang akan dating berikutnya. Apabila sang ibu menyesuaikan usia bayi maka kan sangat membantu tahap pertubuhan pada sang bayi ibu bisa menghitung dengan menambahkannya hasil selisih minggu diantara tanggal ke;ahiran bayi dan perkiraan bayi lahir selanjutnya kurangi hasil dengan usia bayi saat ini

7. Jangan takut untuk bertanya 

Apabila ibu merasa cemas, tidak hanya ibu yang merasa cemas banyak juga orang ua diluar sana yang merasa cemas saat membawa bayi yang terlahir prematur. Kumpulkanlah semua informasi yang dibutukan mintalah saran pada kalangan medis perkembangan yang normal bagaimana cara untuk menenangkan jika bayi menangis . Agar dapat membantu pemenuhan kebutuhan energi yang sangat diperlukan oleh bayi yang terlahir premature juga berat badan bayi yang sangat rendah, anda bisa emberikan supplementasi ASI dengan Enfamil.

0 Response to "Cara Mempercepat Pertumbuhan Bayi Prematur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel